Komunikasi Data | Ariyo Web

Komunikasi Data

1. Apa yg anda ketahui mengenai simplex,half duplex & full duplex?
Jawab :
  • Simplex adalah salah satu bentuk komunikasi antara dua belah pihak, di mana sinyal-sinyal dikirim secara satu arah.
  • Half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama.
  • Full-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah dan secara bersama-sama.

2. Sebutkan dan jelaskan media transmisi yg dapat di gunakan sebagai chanel transmisi?
Jawab :
  1. KABEL
  2. Bila sumber dan penerima jaraknya tidak terlalu jauh dan dalam area yang lokal, maka dapat digunakan kabel sebagai media trasmisi. Kabel dapat berbentuk :
    1. Coaxial Cable
    2. Merupakan kabel yang dibungkus dengan metal yang lembek. Coaxial cable mempunyai tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibanding kabel biasa.
    3. Fiber Optic Cable
    4. Dibuat dari serabut-serabut kaca (optical fibers) yang tipis dengan diameter sebesar diameter rambut manusia. Kabel ini mempunyai kecepatan pengiriman data sampai 10 kali lebih besar dari coaxial cable.
       
  3. RADIASI ELEKTROMAGNETIK
  4. Bila sumber data dan penerima data jaraknya cukup jauh, channel komunikasi dapat berupa media radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka yang dapat berupa :
    1. Microwave
    2. Merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari satu stasiun ke stasiun yang lain. Sifat pemancaran dari microwave adalah line-of-sight, yaitu tidak boleh terhalang. Karena adanya gedung tinggi, bukit atau gunung, microwave biasanya digunakan untuk jarak-jarak yang dekat saja. Untuk jarak jauh harus digunakan stasiun relay yang berjarak 30 sampai 50 kilometer. Stasiun relay diperlukan untuk memperkuat sinyal yang diterima dan meneruskan ke stasiun relay berikutnya.
    3. Satellite System
    4. Untuk jarak yang jauh, digunakan sistem satelit. Satelit akan menerima sinyal yang dikirim dari bumi dan mengirimkan ke stasiun yang lainnya. Satelit berfungsi sebagai stasiun relay yang letaknya di luar angkasa.
      Suatu satelit yang diletakkan di orbit tetap sejauh 30.320 km di atas permukaan bumi dapat menjangkau sekitar 40% dari seluruh permukaan bumi. Dua buah satelit dapat menjangkau lebih dari separuh permukaan bumi.
    5. Sistem Laser
    6. Teknologi komunikasi laser banyak digunakan untuk penelitian. Ahli komunikasi meramalkan, dimasa yang akan datang penggunaan teknologi laser akan meluas dan dapat mengurangi biaya transmisi.

  5. KAPASITAS CHANNEL TRASNSMISI
  6. Bandwidth (lebar pita) menunjukkan sejumlah data yang dapat ditransmisikan untuk satu unit waktu yang dinyatakan dalam satuan bits per second (bps). Bandwidth menyatakan ukuran dari kapasitas channel transmisi bukan ukuran kecepatan. Transmisi data dengan ukuran 1000 bps tidak dapat dikatakan cepat dari transmisi 200 bps, tetapi dapat dikatakan bahwa lebih banyak data yang dapat dikirimkan pada satu unit waktu tertentu.
    Kapasitas atau transfer rate (tingkat penyaluran) atau baud rate dari channel transmisi dapat digolongkan dalam :
    1. Narrowband Channel
    2. Disebut juga subvoice grade channel merupakan channel transmisi dengan bandwith yang rendah , berkisar 50 –300 bps. Biaya transmisi lewat jalur ini lebih rendah, tetapi biaya rata-rata per bitnya lebih mahal dengan tingkat kemungkinan kesalahan yang besar. Contoh : jalur telegraph.
    3. Voice Band Channel
    4. Disebut juga voice grade channel merupakan channel transmisi yang mempunyai bandwith lebih besar berkisar dari 300 – 500 bps. Contoh : jalur telepon.
    5. Wideband Channel
    6. Disebut broad band channel yaitu channel transmisi yang digunakan untuk transmisi volume data yang besar dengan bandwith sampai 1 juta bps. Secara umum biaya transmisi ini sangat mahal, tetapi bila diperhitungkan biaya perbit-nya akan lebih murah dan kemungkinan kesalahan transmisi kecil.

3. Apa saja yg termasuk dalam bentuk online comunication sistem, sebutkanlah, gambarkan & jelaskan?
Jawab :
  1. Remote Job Entry System

  2. Data yang akan dikirimkan dikumpulkan dahulu (batch) dan secara bersama-sama dikirimkan ke komputer pusat untuk diolah. Cara ini disebut juga dengan batch processing system. Hasil dari pengolahan data umumnya ada di komputer pusat dan tidak dapat langsung seketika dihasilkan karena komputer pusat harus sekaligus mengolah sekumpulan data yang cukup besar.
  3. Realtime System

  4. Sistem ini memungkinkan untuk mengirimkan data ke pusat komputer, diolah di pusat komputer seketika pada saat data diterima dan mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data saat itu juga. American Airlines merupakan perusahan yang pertama kali mempelopori sistem ini.
  5. Time Sharing System

  6. Sistem ini memungkinkan beberapa pemakai komputer (multi-user) bersama-sama mengunakan komputer dan komputer akan membagi waktunya bergantian untuk tiap-tiap pemakai. Cristopher Strachy pada tahun 1959 telah memberikan ide mengenai pembagian waktu yang dilakukan CPU dan baru pada tahun 1961 pertama kali sistem yang betul-betul berbentuk time sharing system dilakukan di Massachusetts Institute of Technology dan diberi nama Compatible Time-Sharing System yang dapat melayani sebanyak 8 user dengan menggunakan komputer IBM 7090.
  7. Distributed Data Processing System

  8. Merupakan bentuk yang sering digunakan sekarang sebagai perkembangan dari time sharing system. Merupakan suatu sistem komputer interaktif yang terpencar secara geografi dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan masing-masing komputer mampu mengolah data secara independen dan mampu berhubungan dengan koputer yang lain dalam suatu sistem. Masing-masing lokasi menggunakan komputer yang lebih kecil dibandingkan dengan komputer pusat dan mempunyai simpanan luar tersendiri dan dapat melakukan pengolahan data tersendiri. Pekerjaan yang terlalu besar yang tidak dapat diolah di tempat sendiri maka data dapat ditransmisikan dan dapat diolah di komputer yang lebih besar atau bila data tidak tersedia di tempat sendiri dapat diambilkan dari komputer pusat.


4. Gambarlah tabel perbandingan antara chanel transmisi sebutkan tipe chanel transmisi?
Jawab :
  1. Narrowband Channel
    Disebut juga subvoice grade channel merupakan channel transmisi dengan bandwith yang rendah , berkisar 50 –300 bps. Biaya transmisi lewat jalur ini lebih rendah, tetapi biaya rata-rata per bitnya lebih mahal dengan tingkat kemungkinan kesalahan yang besar. Contoh : jalur telegraph.
  2. Voice Band Channel
    Disebut juga voice grade channel merupakan channel transmisi yang mempunyai bandwith lebih besar berkisar dari 300 – 500 bps. Contoh : jalur telepon.
  3. Wideband Channel
    Disebut broad band channel yaitu channel transmisi yang digunakan untuk transmisi volume data yang besar dengan bandwith sampai 1 juta bps. Secara umum biaya transmisi ini sangat mahal, tetapi bila diperhitungkan biaya perbit-nya akan lebih murah dan kemungkinan kesalahan transmisi kecil
Jenis Chanel Kapasitas Transmisi Biaya Total Biaya Rata-Rata Tingkat Kesalahan
Narrowband channel 50 – 100 bps Rendah Tinggi Tinggi
Voiceband channel 300 - 500 bps Sedang Sedang Sedang
Broadband channel s/d 1 juta bps Tinggi Rendah Rendah


5. Sebutkan dan jelaskan mode transmisi berdasarkan cara sinkronisasi
Jawab :
  1. Asinkron
    • Pengiriman data dilakukan 1 karakter setiapkali, sehingga penerima harus melakukan sinkronisasi agar bit data yang dikirim dapat diterima dengan benar
    • Trasmisikeccepatan tinggi
    • 1 karakter dengan yang lainnya tidak ada waktu antara yang tetap
    • Bila terjadi kesalahan maka 1 blok data akan hilang
    • Membutuhkan start pulse / start bit (tanda mulai menerima bit data)
    • Idle transmitter = ‘1’ terus menerus, sebaliknya ‘0’
    • Tiap karakter diakhiri dengan stop pulse / stop bit
    • Dikenal sebagai start-stop transmission

  2. Sinkron
    • Pengiriman dilakukan per-blok data
    • Sinkronisasi dilakukan setiap sekian ribu bit data
    • Transmisi kecepatan tinggi
    • Tiap karakter tidak memerlukan bit awal / akhir
    • Dibutuhkan 16-32 bit untuk sinkronisasi
    • Bila terjadi kesalahan, 1 blok data akan hilang
    • Pemakaian saluran komunikasi akan efektif, karena transmisi hanya dilakukan bila dimiliki sejumlah blok data
    • Pengirim dan penerima bekerja sama, karena sinkronisasi dilakukan dengan mengirimkan pola data tertentu (karakter sinkronisasi) antara pengirim dan penerima.

  3. Isokron
    • Merupakan kombinasi antara asinkron dan sinkron
    • Tiap karakter diawali dengan start bit dan diakhir data ditutup dengan stop bit, tetapi pengirim dan penerima disinkronisasikan.

6. Media transmisi dpt di golongkan menjadi 2, Guided dan Unguided, Jelaskan dan Beri contoh aplikasinya?
Jawab :

  1. Guided adalah media gelombang yang dikendalikan sepanjang jalur fisik, Contoh aplikasi guided media adalah twisted pair, coxcial cable, serta fiber optic, media transmisi guided adalah ujung ke ujung bila ia menyediakan suatu hubungan langsung diantara dua perangkat dan membagi media yang sama.
  2. Unguided media menyediakan alat untuk mentransmisikan gelombang-gelombang elektromagnetik namun tidak mengendalikannya, Contohnya adalah perambatan (propagation) di udara dan laut.

7. Apakah penyebab terjadinya perubuhan informasi/error pada pengiriman sinyal, sebutkan dan jelaskan?
Jawab :

  1. Attenuasi dan distorsi attenuasi yaitu Kekuatan sinyal akan melemah karena jarak yang jauh melalui medium transmisi apapun.
  2. Delay distorsi / kelambatan distorsi yaitu Kejadian aneh dari media transmisi hardwire yang disebabkan oleh kecepatan perambatan sinyal melalui medium hardwire dengan variasi. Terjadi akibat kecepatan sinyal yang melalui medium berbeda-beda sehingga tiba pada penerima dengan waktu yang berbeda. Dan delay distorsi kritis untuk data digital.
  3. Noise yaitu Tambahan sinyal yang tidak diinginkan dan merupakan faktor pembatas utama dalam sistem komunikasi data

8. Faktor-faktor apa saja yang harus di perhatikan pada komunikasi data?
Jawab :
  1. Jumlah dan lokasi pemrosesan data
  2. Jumlah dan lokasi terminal (remote)
  3. Type transaksi
  4. Kepadatan lalu lintas tiap tipe transaksi.
  5. Prioritas/ urgensi informasi yang disalurkan.
  6. Pola lalu lintas
  7. Bit error rate yang dibutuhkan.
  8. Keandalan sistem yang digunakan.
  9. Revenue yang mungkin didapat.

9. Jelaskan tentang transmisi data Analog dan transmisi data Digital?
Jawab :
  1. Transmisi data Analog adalah suatu upaya mentransmisi sinyal analog tanpa memperhatikan muatannya; sinyal-sinyalnya dapat mewakili data analog atau data digital. Untuk jarak yang jauh dipakai amplifier yang akan menambah kekuatan sinyal sehingga menghasilkan distorsi yang terbatas.
  2. Transmisi data Digital berhubungan dengan muatan dari sinyal. Untuk mencapai jarak yang jauh dipakai repeater yang menghasilkan sinyal sebagai '1' atau '0' sehingga tidak terjadi distorsi
10. Elemen apa saja yang di butuhkan untuk tercapainya sistem komunikasi?
Jawab :

Sumber (Informasi Input) → Transmiter (Data Input) → Media Transmisi (Sinyal dikirim) → Receiver (Data Output) → Penerima (Informasi Output).

11. Sebutkan dan jelaskan beberapa sistem sandi yg umum di gunakan dalam komunikasi data?
Jawab :

    1. Sandi 4 bit/8 bit
      1. Sandi yang dikeluarka oleh IBM
      2. Simbol data = 70 karakter
      3. Format data = 1 bit awal, 8 bit data, 1 bit akhir
    2. Sandi 5 bit/sandi baudot
      1. Sandi 5 bit
      2. Format data = 1 bit awal, 5 bit data
      3. Simbol data = 32 karakter
    3. Sandi 6 bit
      1. Simbol data = 64 karakter
      2. Format data = 1 bit awal, 6 bit data, 1 bit pariti, 1 bit akhir
      3. Transmisi data = Asynkron/9 bit
    4. Sandi ASCii
      1. Sandi 7 bit
      2. Format data = 7 bit data, 1 bit pariti
      3. Simbol data = 128 karakter
      4. Format transmisi = Asynkron
      5. Format data = 1 bit awal, 7 bit data, 1 bit pariti,/2 bit akhir
    5. Sandi EBCDIC (Extended Binary Code Decimal Information Code)
      1. Sandi 8 bit
      2. Format data = 1 bit awal
      3. 6 bit data, 1 bit pariti, 1 bit akhir
      4. Transmisi = Asynkron

12. Jelaskan definisi komunikasi data?
Jawab :

Komunikasi Data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet

13. Jelaskan dan gambarkan mengenai Multiplexer dan Concentrator?
Jawab :

Multiplexer atau disebut juga mux adalah suatu alat yang memungkinkan beberapa sinyal komunikasi menggunakan sebuah channel transmisi bersama-sama dengan tujuan adalah untuk menghemat biaya transmisi.
Concentrator mempunyai fungsi untuk menggabungkan beberapa sinyal data dari channel transmisi kapasitas rendah ke kapasitas tinggi

Related Post

Kolom Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Ariyo Web | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger