Unik, Ikan Hamster dan Berkaki | Ariyo Web

Unik, Ikan Hamster dan Berkaki

Axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah jenis salamander yang menghabiskan hidupnya dalam bentuk larva. Binatang eksotis nan unik ini kadang-kadang disebut sebagai "Ikan Berjalan Meksiko" karena ia terlihat seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Namun, Axolotl sebenarnya tidak sejenis ikan, tetapi langka jenis salamander yang ditemukan di Mexico City. Axolotl panjang bisa mencapai 30 cm, namun ukuran rata-rata hanya 15 cm. Warna tubuh mereka yang kepirangan hitam atau cokelat rata-rata dan banyak yang albino dengan warna pink lucu tersebut. Hewan ini memiliki insang yang berada di luar tubuhnya. Insang tampaknya berada di samping kepalanya sehingga sepintas terlihat seperti tanduk. Di Asia, hewan ini sering di kaitkan dengan sebuah legenda naga, maka dari itu sering di sebut "Ikan Naga".


Axolotl termasuk hewan yang memiliki umur panjang, Axolotl bisa hidup sampai 10-15 tahun dan dapat tumbuh hingga 60cm, bahkan seorang penduduk pernah menangkap Axolotl raksasa di pedalaman Meksiko yang sampai dengan 1,4 meter, penemuan itu benar-benar mengejutkan, namun setelah diteliti oleh para ahli, itu hanya situasi abnormal yang jarang terjadi (gigantisme).

Axolotl selalu hidup di air dan suka makan ikan kecil, cacing, dan larva. Hewan ini kadang muncul di permukaan air, namun ada juga yang matang dan tumbuh di permukaan air dan hanya tinggal di dasar danau selama hidupnya. Salamander ini diklasifikasikan dalam spesies salamander berbahaya, karena bisa mengeluarkan garam beracun dari mulutnya, tetapi jika kelenjar dalam tubuhnya telah di keluarkan maka hewan ini dapat menjadi hewan peliharaan yang lucu.


Sumber : cornermystery.com

Related Post

Kolom Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© Ariyo Web | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger